Secara umum hasil belajar memiliki arti yang sama akan tetapi terkadang menjadi berbeda ketika telah ditinjau dari beberapa aspek baik dalam ilmu sains maupun sosial, misalnya dari ilmu matematika akan berbeda ketika ditinjau dari segi fisika. Berikut tinjauan hasil belajar dari aspek matematika yang kemukakan oleh beberapa ahli:
Menurut Irnadianti Hasil belajr adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Belajar itu sendiri merupakan suatu proses dari seseorang yang berusaha untuk memperoleh suatu bentuk perubahan perilaku yang relatif menetap Dalam kegiatan pembelajaran atau instruksional, biasanya guru menetapkan tujuan belajar. Siswa yang berhasil dalam belajar adalah yang berhasil mencapai tujuan-tujuan pembelajaran atau tujuan instruksional. Menurut Benjamin S. Bloom, tiga ranah (domain) hasil belajar yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Menurut A.J. Romizowski, hasil belajar merupakan keluaran (outputs) dari suatu sistem pemrosesan masukan (input). Masukan dari sistem t ersebut berupa bermacam-macam informasi sedangkan keluarannya adalah perbuatan atau kinerja (ferfomance) (Jihad)
Matematika sebagai bahan pelajaran di sekolah yang disajikan oleh guru dimaksudkan agar siswa dapat manguasainya dengan baik. Dengan penguasaan bahan pelajaran matematika mengakibatkan terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa dalam menguasai bahan pelajaran yang telah dipelajarinya. Selanjutnya Slameto dalam Jannati mengemukakan bahwa hasil belajar matematika adalah keberhasilan seseorang mempelajari matematika, yang tidak hanya dipengaruhi oleh minat, kesadaran dan kemampuan tetapi juga tergantung pada kemampuannya terhadap matematika serta diperlkan keterampilan intelektual, misalnya ketermpilan berhitung.
Dalam penelitian ini, kriteria hasil belajar matematika dilihat dari tiga aspek, yaitu 1) Ketuntasan individual, yakni siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM = 70) yang ditentukan oleh sekolah yang bersangkutan; 2) Ketuntasan klasikal, yakni apabila siswa tersebut mencapai besar dari atau sama dengan 80%. 3) Peningkatan hasil belajar (gain) besar dari atau sam dengan 0,3.
Sumber Referensi:
Irnadianti. 2015. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) pada Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Jihad, A. & Haris, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Persindo.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
0 comments:
Post a Comment