Kurniasih dan Berlin Sani mengmukakan langkah pembelajaran metode demonstrasi sebagai berikut:
1) Mempersiapkan kegiatan:
a) menetapkantujuan-tujuan yang akan dicapai
b) menetapkan alat-alat, bahan yang akan digunakan, dan sarana lain yangmendukung serta memeriksa ketersediaan alat
c) mengadakan uji coba terlebih dahulu (guru) baik untukalat-alat dan materi yang akan didemonstrasikansehingga dapat diketahui segala kemungkinan yangterjadi.
2) Melaksanakan kegiatan:
a) guru masuk kelasmengucapkan salam dan memberi motivasi peserta didik untukmelakukan kegiatan demonstrasi
b) mendiskusikanbersama antara guru denganpeserta didik mengenai langkah-langkah pelaksanaan, alat dan bahan yang digunakanserta hal-hal yang akan diamati dan dicatat hasil kegiatandemonstrasi
c) guru dibantu peserta didik melakukandemonstrasi, peserta didik mengamati dan mencatatnya dibawahbimbingan guru
d) peserta didik menganalisis datapengamatan, menyimpulkan dan membuat laporan kegiatan secara kelompok.
1) Mempersiapkan kegiatan:
a) menetapkantujuan-tujuan yang akan dicapai
b) menetapkan alat-alat, bahan yang akan digunakan, dan sarana lain yangmendukung serta memeriksa ketersediaan alat
c) mengadakan uji coba terlebih dahulu (guru) baik untukalat-alat dan materi yang akan didemonstrasikansehingga dapat diketahui segala kemungkinan yangterjadi.
2) Melaksanakan kegiatan:
a) guru masuk kelasmengucapkan salam dan memberi motivasi peserta didik untukmelakukan kegiatan demonstrasi
b) mendiskusikanbersama antara guru denganpeserta didik mengenai langkah-langkah pelaksanaan, alat dan bahan yang digunakanserta hal-hal yang akan diamati dan dicatat hasil kegiatandemonstrasi
c) guru dibantu peserta didik melakukandemonstrasi, peserta didik mengamati dan mencatatnya dibawahbimbingan guru
d) peserta didik menganalisis datapengamatan, menyimpulkan dan membuat laporan kegiatan secara kelompok.
Kelebihan metde demonstrasi yaitu guru bisa membuat perhatian peserta didik menjadi terpusat dan titik tekan dalam materi yang dianggap penting oleh guru dapat teramati, perhatian peserta didik akan lebih terpusat pada apa yang didemonstrasikan sehingga proses pembelajaran akan lebih terarah, dapat merangsang peserta didik untuk lebih aktif dalam mengikuti proses belajar, dapat menambah pengalaman peserta didik, bisa membantu peserta didik untuk mengingat lebih lama tentang materi yang disampaikan, dapat mengurangi kesalahpahaman karena pengajaran lebih jelas dan kongkrit, dapat menjawab semua masalah yang timbul di dalam pikiran setiap peserta didik karena ikut serta berperan secara langsung.
Kelemahan metode demonstrasi yaitu memerlukan keterampilan guru secara khusus karena tanpa ditunjang dengan hal itu maka pelaksanaan demonstrasi akan tidak efektif, membutuhkan waktu yang cukup panjang, media yang harus digunakan harus lengkap dan apabila terjadi kekurangan media maka metode demonstrasi menjadi kurang efisien, memerlukan biaya yang cukup mahal terutama untuk membeli bahan-bahan sebagai alat peraga, memerlukan tenaga yang tidak sedikit, apabila peserta didik tidak aktif maka metode demonstrasi menjadi tidak efektif.
Kelemahan metode demonstrasi yaitu memerlukan keterampilan guru secara khusus karena tanpa ditunjang dengan hal itu maka pelaksanaan demonstrasi akan tidak efektif, membutuhkan waktu yang cukup panjang, media yang harus digunakan harus lengkap dan apabila terjadi kekurangan media maka metode demonstrasi menjadi kurang efisien, memerlukan biaya yang cukup mahal terutama untuk membeli bahan-bahan sebagai alat peraga, memerlukan tenaga yang tidak sedikit, apabila peserta didik tidak aktif maka metode demonstrasi menjadi tidak efektif.
Sumber referensi:
Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.
Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.
0 comments:
Post a Comment